The Essence of Not Giving Up


Sebagai generasi milenial kita sering banget mendengar labeling, kalau generasi kita itu gak punya daya juang seperti generasi sebelumnya. Kita mau semuanya serba cepat, susah buat stick sama satu tujuan.
Dan menurut gua, sebagai generasi milenial, that’s so fucking true. it happens to me, gua punya banyak ide, entah itu ide bisnis, atau ide projek buat lomba, dan belum ada satu pun yang berhasil gua realisasikan. Tapi di postingan kali ini, gua mau cerita betapa gua bangga krn gua fight buat apa gua mau, dan itu menyadarkan gua ternyata gua gk secemen itu, gk secepat itu buat give up, walaupun gua generasi milenial wkwk

Jadi ada satu goal yang gua pingin banget buat tercapai di masa kuliah gua, yaitu ngedapetin beasiswa XL Future Leaders. Tahun lalu gua udah nyoba dan gua sampai di tahap terakhir, yaitu tahap interview. Gua ketika itu berharap banget buat dapetin tu beasiswa. Gua ngerasa kalo performa gua selama tes udah bagus bgt dan dengan sombongnya gua mikir, pasti gua lulus. Then, I found out klo gua gak lulus. Reaksi gua adalah nangis sejadi-jadinya, kecewa banget, dan malu ke diri sendiri kok gua bisa sepede itu sih sebelumnya. Gua ngerasa kalau itu adalah kegagalan terbesar yg gua alami.
Singkat cerita, tahun ini gua nyoba lagi, walaupun masih trauma sama kegagalan kali itu. But this time, I take no guaranty, nothing to lose lah intinya. Gk berharap sama sekali (berharap deng), tapi gak seberharap tahun lalu. Dari awal gua udah nge set mindset gua, apapun hasilnya nanti gk bakal nentuin value gua, kalo gua lulus bukan berarti gua lebih baik dari yang lain, dan kalo pun gua gak lulus bukan berarti gua lebih tidak bagus dari yang lain. Mungkin waktu itu persiapan gua lebih matang dari yang lain, atau gua yang kurang persiapan, tapi terlepas dari persiapan dan factor-faktor lain, intinya kualitas gua sama yang lain ya sama aja, semua orang bisa ngelakuin persiapan, semua orang bisa improve.
Dannnn tahun ini gua bisa sampai ke tahap interview lagiii…. Dengan segala keraguan pada setiap tahap, apakah gua bisa lolos apa tidak wkwk ternyata gua bisaaa…. dan sekarang gua tinggal nunggu pengumuman finalnya tanggal 1 Oktober ini, ngeliat gimana pada awalnya gua trauma dan pada akhirnya semua tahap terlalui dan gua bangga banget sama diri gua. Ini kaya salah satu accomplishment dari apa yang gua mulai, salah satu bentuk perjuangan gua dimana gua ngerasain banget stuggle nya. Gimana gua pada akhirnya berani untuk memilih untuk tidak menyerah. Terlepas dari nanti gua bakal keterima apa nggk, gua udah dapat pelajaran yang berharga banget dari pengalaman ini….

Sekarang gua paham the essence of not giving up, itu lebih dari sekedar upaya meraih apa yang benar-benar kita inginkan, tapi lebih kepada upaya kita untuk ngelatih otot endurance kita, gua gak tau istilahnya apa.. wkwk kita ngelatih otot mental kita buat berani bangkit lagi dari kegagalan. Dengan mencoba bangkit lagi, nyoba lagi dari awal artinya kita memupuk kepercayaan diri kita untuk berjuang. How can I be so sure about this? Karena gua yakin setelah ini, kalo gua gagal gua gak bakal sedown ketika gua pertama kali gagal beasiswa ini, di masa depan gua yakin bakal banyak banget kegagalan yang mungkin gua alami, but one thing that I’m sure about, I always can get up again and fight, like what I just did…
Oh iya, dengan punya mindset kalo kita bangkit lagi itu buat ngelatih mental kita, bukan semata-mata buat dapetin tujuan kita, kita jadi lebih mudah buat deal dengan apapun hasilnya nanti. Kalo ternyata kita gagal lagi, ya it’s okay tujuan utama kita kan buat ngelatih mental , bukan buat ngedapetin hasilnya. Gua yakin kita gak bakal sampai down banget atau depresi bila gagal lagi kalo dari awal mindset kita udah kaya gitu…
Jadi gitu deh, intinya essensi dari bangkit lagi itu bukan semata-mata buat dapetin yang kita kejar, dan once again, I think our lives will be easier this way… so will you give up or fight back? It’s up to you… choose wisely beb <3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Another skill you must have, but nobody tells you

Book Review : The Four Agreements (2)